Ir Juliski Simorangkir Resmi Daftarkan Diri Calon Ketua Umum Percasi

Ir Juliski Simorangkir

topmetro.news – Ir Juliski Simorangkir resmi mendaftarkan diri sebagai balon Ketua Umum Pengprov Percasi Sumut (Persatuan Catur Seluruh Indonesia – Sumatera Utara) untuk periode 2019-2023. Mantan anggota DPRD Sumut 2014-2019 ini mendaftar dengan menyerahkan 20 surat dukungan resmi dari pengcab Percasi kabupaten/kota se-Sumut.

Didampingi sejumlah pecatur di antaranya MN Sarmadoli Siringoringo (mantan atlet Sumut), Harun Marbun dari Tobasa, dan Edison Damanik yang merupakan atlet Medan, Juliski Optimistis bakal terpilih.

Berkas pendaftaran Juliski diterima langsung Ketua Tim Penjaringan PO TB Sihombing didampingi anggota Agus Siallagan WN dan Erhan Tarmizi WN. Berlangsung di Sekretariat Panitia Jalan Sei Mencirim Medan, Selasa (19/11/2019) siang.

Turut hadir Ketua Panitia Musprov Percasi Sumut Timur Panjaitan SH didampingi Wakil Sekum Jones Hutagaol WN.

Target Juliski

“Target jangka panjang tentu melahirkan atlet catur berprestasi dari Sumut. Dan membuatnya supaya tidak pindah ke daerah lain karena kurang dihargai. Karena selama ini banyak pindah. Jadi bukan hanya supaya Sumut jadi gudang atlet. Tapi supaya benar-benar berprestasi bagi Sumut,” ujar Juliski saat diwawancara usai mengantarkan berkas pendaftaran, Selasa (19/11/2019) siang.

Ir Juliski Simorangkir mengaku sudah miliki sejumlah rancangan program jika terpilih. Beberapa di antaranya adalah memperbanyak even catur dan menggalakkan lagi catur mingguan seperti di era mantan Ketua Percasi Sumut Marzuki. Selain itu, pecinta olahraga catur ini berencana mengembalikan keberadaan sekolah catur yang pernah ada. Seperti di STMIK Mikroskill sebelumnya.

“Harus ada rutinitas event catur. Selain itu perlu juga masuk sekolah-sekolah untuk pembinaan. Serta yang tak kalah penting pelatihan para pelatih dan wasit catur,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata Juliski, ke depan dia juga memiliki program untuk melakukan pembinaan atlet dengan menerapkan sistem ‘Bapak Asuh’. Menurutnya hal ini penting untuk mendukung pembinaan atlet.

Libatkan Pengusaha

Selain itu dia juga akan menjalin komunikasi sebaik mungkin dengan para stakeholder. Khususnya pemerintah daerah dalam hal ini Dispora. Tak hanya itu dia juga berencana menggandeng pihak ketiga. Seperti pengusaha maupun sejumlah institusi BUMN untuk mendukung pembinaan atlet catur Sumut.

Jika terpilih, Juliski berjanji akan memberikan waktu yang cukup untuk memimpin Percasi Sumut. Karena itu, dia juga mengharapkan dukungan pada Musprov Percasi Sumut yang akan digelar tanggal 22 November nanti.

“Banyak atlet catur punya kemampuan tapi minim prestasi dan hanya bermain di warung. Dengan adanya catur mingguan nanti, mereka akan lebih terarah dan bisa menorehkan berprestasi.Sehingga kemampuan yang dimiliki tidak sia-sia. Selain itu, untuk pembinaan atlet catur berprestasi perlu ‘babak angkat’. Misalnya sebuah instansi yang menaungi beberapa atlet untuk bisa berprestasi,” katanya.

Terpisah, Wakil Sekum Panitia Musprov Percasi Sumut Jones Hutagaol WN, mengatakan berkas Juliski sudah diterima dan sesuai kelengkapan. Jumlah dukungan dikatakannya juga sudah sesuai syarat. Yakni minimal tiga dari pengcab kabupaten/kota.

“Sudah lengkap. Dukungan juga. Mengisi formulir dan biaya administrasi pendaftaran juga sudah,” ujarnya.

Harapan Panitia

Sebagai panitia, Jones berharap mudah-mudahan Musprov Percasi nantinya bisa berjalan lancar dan terkendali. Menurutnya ini demi pengembangan olahraga catur di Sumut.

Karena itu, dia mengatakan, siapa pun nanti pemenangnya harus bisa serius dan mampu melahirkan pretasi membanggakan. Sedangkan bagi yang kalah tetap bisa berkontribusi demi membangun catur Sumut lebih baik ke depannya.

“Sampai Senin siang, kita sudah terima pendaftaran dua kandidat. Selain Pak Juliski, bakal calon Ketum Percasi Sumut yang sudah mendaftar adalah Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga. Pendaftaran ditutup Senin sore pukul 17.00 WIB,” katanya.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment